Selamat Datang

Dinas Komunikasi dan Informatika Kediri Jl. Sekartaji no. 2 Doko Telp : (0354) 696714 Kediri

Jumat, 20 April 2012

SOTO BRANGGAHAN


Mangkok Super Kecil, Rasa Super Nikmat.
Tak lengkap rasanya kalo kawan-kawan berwisata ke kabupaten kediri tanpa mampir dulu ke pusat wisata kuliner Soto Branggahan. kenapa harus ke Soto Branggahan sih? apa yang menyebabkan Soto Branggahan menjadi terkenal dan istimewa?? baik, akan kita kupas satu-satu yaaa..
sebelumnya kami perkenalkan dulu Branggahan, sebuah desa di Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri bagian selatan. Desa Branggahan ini berada di jalan raya Kediri Tulungagung. Kalau dari Surabaya atau nganjuk arah ke kediri via kertosono, lurus terus ampe Alun2 kota Kediri. Perempatan lurus terus itu udah jalur ke Ngadiluwih. Sekitar 10Km ntar ada warung tenda soto berjajar2, nah disitulah Branggahan.
Keunikan Soto Branggahan ini adalah karena penyajian soto di tiap warungnya selalu memakai mangkok kecil dan makannya dengan sendok bebek. Jadi isinya paling-paling 5 sendok udah habis. Kata pelanggan yang datang sih "Nyak Imit=Sedikit". Memang standar makan disana habis 2 - 3 mangkok = 1 porsi normal. Bisa juga 2,5 mangkok. haaa?? 2,5?? iya, memang boleh kog nambah 1/2 mangkok saja.

Sebagai pelengkap soto ini, disajikan juga krupuk rambak kulit sapi, telur asin serta sayap dan brutu goreng.
Kalau kawan-kawan berkunjung ke Soto Branggahan, kami merekomendasikan untuk mampir di Warung Soto Pak Sumali, tempatnya di depan Ayam Lodho. Selain karena penjualnya ramah, Sotonya murah (satu porsi mangkok kecil cuma Rp. 3.000), ayamnya selalu ayam kampung betina yang masih muda. jadi lebih Mak Nyuuuuuuussssss.....
ok.... kalo udah perutnya udah krucuk-krucuk pengen menikmati, segera meluncur saja ke Soto Branggahan. Tapi sebelumnya mampir dulu di Telecenter Bumi Kadiri, ajak-ajak kami yaaaaa....

1 komentar:

  1. Nah ini yang mantab rasanya.... Kuliner khas Kediri yang selalu ngangeni...

    BalasHapus